Background

North Sumatra Invest Promotion Forum (NSI-PF) 2023

North Sumatra Invest Promotion Forum (NSI-PF) 2023


Oleh: North Sumatra Invest (NSI)

05 December 2023 11:35 AM

Dalam rangka mendorong pertumbuhan ekonomi yang inklusif melalui penguatan sektor investasi di level daerah, Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Sumatera Utara bersama dengan Pemerintah Provinsi Sumatera Utara terus berupaya mendorong sektor investasi salah satunya melalui kegiatan North Sumatra Invest Promotion Forum (NSI-PF) 2023. Kegiatan tersebut terdiri dari beberapa rangkaian program yang dimulai dari capacity building peluang investasi daerah yang telah dilaksanakan pada 6–7 Juli 2023, kelas persiapan proyek investasi tanggal 21 Agustus 2023, serta kegiatan studi banding investasi tanggal 22–23 Agustus 2023.

A.  Kegiatan NSI Gathering dan Capacity Building NSI Promotion Forum tanggal 6–7 Juli 2023

NSI yang merupakan sinergi Bank Indonesia, DPMPPTSP, dan BAPPELITBANG Sumatera Utara tidak berhenti melakukan upaya memperkuat sektor investasi di Sumatera Utara. Beberapa upaya tersebut telah direncanakan mulai dari penguatan sinergitas tim teknis NSI melalui kegiatan dedicated team meeting guna merumuskan program kerja pada setiap periode, membangun koordinasi strategis melalui program NSI Gathering bersama instansi yang tergabung dalam SK NSI, penjaringan dan pengumpulan peluang investasi di tingkat Kab/Kota, dan capacity building NSI Promotion Forum yang merupakan kelas persiapan peluang investasi prospektif hasil dari penjaringan kegiatan NSI Business Profile Challenge 2021, NSI Mapping Project 2022, dan focus group discussion penjaringan peluang investasi yang siap naik kelas ke tahap konsultasi publik sebagai pra syarat penyusunan kajian investasi lanjutan.

Kegiatan dibuka oleh Deputi Kepala Perwakilan BI Sumut (Bpk Yura A. Djalins), dilanjutkan Keynote Speech oleh Sekretaris Daerah (Bpk Arief Sudarto Trinugroho) dan Sosialisasi Addendum SK NSI 2023 oleh Asisten Perekonomian dan Pembangunan Sekretaris Daerah Provinsi Sumatera Utara (Bpk Agus Tripriyono), serta dua seri talkshow.

B.  Kegiatan Capacity Building bersama KADIN Indonesia tanggal 21 Agustus 2023

Kegiatan capacity building dihadiri oleh Asisten Perekonomian dan Pembangunan Prov. Sumut, Bp. Agus Tripriyono, Deputi Kepala Perwakilan BI Sumut, Bp. Yura Djalins, Walikota Sibolga, Bp. Jamaluddin Pohan, Kadis PMPTSP Sumut, Bp. Faisal Arif Nasution, Wakil Ketua Umum KADIN Wilayah Sumatera, Bp. Teuku Zulham, Direktur Eksekutif KADIN Indonesia, Bp. Hotasi Nababan, Ketua KADIN Sumut, Bp. Firsal Mutyara, dan Kabid PKSDA BAPPELITBANG Sumut, Bp. Tarsudi. Dengan melibatkan segenap project owner di Sumut, diantaranya proyek Toba Caldera Resort, KEK Sei Mangkei, Kawasan Industri Kuala Tanjung, Kawasan Industri Medan, dan Bus Rapid Transit (BRT) Mebidang.

Kegiatan tersebut bertujuan untuk memperkenalkan proyek strategis Sumut kepada para pelaku usaha jaringan KADIN Indonesia serta sharing insight oleh KADIN Indonesia yang menyampaikan materi penyiapan proyek investasi khususnya KPBU.NSI bersama dengan project owner akan berupaya menindaklanjuti serta mengawal rencana KADIN Indonesia untuk mengikutsertakan proyek PSN Sumut dalam kegiatan Sewindu KPPIP yang akan dilaksanakan pada 13 September 2023.

C.  Penyiapan Peluang Investasi Menuju Konsultasi Publik tanggal 21 Agustus 2023

Kegiatan ini merupakan tindak lanjut kegiatan capacity building NSI-PF yang telah dilaksanakan pada 6-7 Juli 2023 yang diikuti oleh 8 Kab/Kota dan 1 BUMD di Sumut. Melalui kegiatan capacity building tersebut telah dilakukan proses review dokumen pendahuluan peluang investasi yang kemudian terpilih 4 Kab/Kota dan 1 BUMD Sumut yang dinilai cukup layak untuk naik kelas ke tahap berikutnya, yaitu pelaksanaan konsultasi publik, diantaranya Kab. Karo, Kota Sibolga, PT. Dhirga Surya, Kab. Nias Utara, dan Kab. Langkat.

Penyiapan Peluang Investasi Menuju Konsultasi Publik dilaksanakan di Jakarta dan dihadiri oleh Asisten Perekonomian dan Pembangunan Sumut, Bp. Agus Tripriyono, Deputi Kepala Perwakilan BI Sumut, Bp. Yura Djalins, Kadis PMPTSP Sumut, Bp. Faisal Arif Nasution, Wakil Ketua Komite Tetap Promosi Sektoral Bid. Investasi, Ibu Hardini Puspasari, dan Chair Woman Hermawan Juniarto & Partners (Deloitte Legal), Ibu Irawati. Di samping itu, kegiatan juga turut dihadiri oleh tim reviewer dari K/L terkait diantaranya Perwakilan Kementerian PPN/BAPPENAS, Bp. Fajar Hadi dan Bp. Indra Muhammad, Perwakilan PT. Penjaminan Infrastruktur Indonesia (PT. PII), Ibu Chasna dan Ibu Floretta, dan Perwakilan Kementerian Investasi/BKPM, Bp. Andry.

D.  Studi Banding Investasi tanggal 22–23 Agustus 2023

Kegiatan tersebut dilakukan oleh tim teknis NSI sebagai wadah pembelajaran terkait strategi promosi investasi yang dilakukan oleh Pemerintah Provinsi Jabar. Rombongan tersebut dipimpin oleh Asisten Perekonomian dan Pembangunan Sumut, Bp. Agus Tripriyono dan turut didampingi oleh Kadis PMPTSP Sumut, Bp. Faisal Arif Nasution, Deputi Direktur BI Sumut, Bp. Wahyu Yuwana dan Bp. Poltak Sitanggang, serta Kabid PKSDA BAPPELITBANG Sumut, Bp. Tarsudi.

Kegiatan studi banding diterima secara hangat oleh KPw BI Jabar, Bp. Edwin Permadi selaku Deputi Direktur BI Jabar dan Pemerintah Provinsi Jabar yang terdiri dari Kadis PMPTSP Jabar, Ibu Nining Yuliastiani, Kadis ESDM Jabar, Ibu Ai Saadiyah Dwidaningsih, dan Sekertaris BAPPEDA Jabar, Bp. Lufiandi. Di samping itu, dalam pelaksanaan juga terdapat sesi sharing insight yang turut melibatkan otorita terkait diantaranya Manager Business Kereta Api Property Management (KAPM), Bp. Defri, Koordinator Pengembangan Promosi & Investasi Badan Pengelola (BP) Rebana, Ibu Heny Rahmawati, Kepala Pelaksana BP Cekungan Bandung, Bp. Tatang Rustandar Wiraatmadja, Direktur Utama BUMD Jabar PT. Jaswita Jabar, Bp. Wahyu Nugroho, dan Perwakilan Agro Jabar, Bp. Iswara Pandu.

Berdasarkan sharing insight tersebut, disampaikan bahwa suksesnya sektor investasi Provinsi Jabar disebabkan oleh penyediaan dan pembangunan infrastruktur dasar yang baik dan masif dalam memberikan pelayanan prima kepada investor. Selain itu, kualitas dan daya saing SDM yang mumpuni tercermin dari reformasi birokrasi dan inovasi daerah melalui roadmap investasi Jabar, serta peran Kepala Daerah yang kooperatif dalam menyambut investasi di Jabar juga merupakan competitive advantage yang dimiliki oleh Jabar dibandingkan daerah lainnya. Selanjutnya, Jabar melalui KAPM juga terus berupaya meningkatkan pemanfaatan dan pengelolaan aset daerah khususnya di bidang perkeretaapian yang berpeluang besar untuk dikembangkan, seperti pengembangan Kereta Api Indonesia (KAI) Lifestyle, KAI Living, KAI Heritage, KAI City, dll, melalui core business konstruksi dan pemeliharaan, trading & manufacturing, maupun property development, sehingga aset daerah dapat dioptimalkan dengan baik serta memberikan value added terhadap pendapatan daerah. Beberapa hal tersebut berpeluang besar untuk diaplikasikan di Sumut dalam mendorong sektor investasi yang sudah cukup baik.

Lebih lanjut, pemanfaatan peran BUMD Investasi Jabar dikelola dengan baik sehingga memberikan kontribusi yang signifikan terhadap sektor investasi. Seperti halnya BUMD Jaswita Jabar yang diberi kepercayaan untuk mengelola investasi pariwisata di Jabar, salah satunya Pembangunan Destinasi Wisata Waduk Darma yang bertujuan tidak hanya meningkatkan realisasi investasi Jabar tetapi juga meningkatkan jumlah wisatawan Jabar.

Mulai Berinvestasi di Sumatera Utara

Ribuan peluang menanti, jelajahi sekarang untuk mempelajari lebih lanjut.


MULAI SEKARANG