Background

Jemput Investasi Melalui Kegiatan North Sumatera Invest Day (NSI Day) Tahun 2022

Jemput Investasi Melalui Kegiatan North Sumatera Invest Day (NSI Day) Tahun 2022


Oleh: North Sumatra Invest (NSI)

03 January 2023 01:44 PM

Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Sumatera Utara bersama dengan Pemerintah Provinsi Sumatera Utara terus bersinergi dalam mendorong investasi melalui North Sumatra Invest (NSI). NSI yang merupakan sinergi Bank Indonesia, Bappeda, dan DPMPPTSP Sumatera Utara tidak berhenti melakukan upaya mendorong investasi di Sumatera Utara. Dimulai dari pengumpulan proyek investasi di tingkat Kab/Kota, Capacity Building untuk memperkuat penawaran proyek dimaksud, Site Visit bersama Konsulat Jenderal dan Konsulat Kehormatan serta puncak program NSI Tahun 2022 yaitu pelaksanaan kegiatan NSI Day 2022 secara hybrid pada tanggal 28 September 2022 di Kota Medan. Mengusung tema “Boosting Investment to Recover Stronger”, kegiatan NSI Day 2022 diharapkan dapat turut mendukung pemulihan ekonomi yang lebih kuat melalui penguatan sektor investasi yang memiliki pangsa mencapai 30,2% terhadap pertumbuhan ekonomi Sumatera Utara.

NSI Day 2022 dihadiri oleh Deputi Gubernur Senior Bank Indonesia, Deputi Bidang Promosi Penanaman Modal Kementerian Investasi/BKPM, Plh. Sekretaris Daerah Provinsi Sumatera Utara, Bupati Pakpak Bharat, para Konsulat Jenderal dan Konsulat Kehormatan Negara Sahabat di Sumatera Utara, Pimpinan Instansi Vertikal, Pimpinan Perbankan dan Asosiasi di Sumatera Utara, para Project Owner, OPD terkait, serta para calon investor potensial di luar negeri yang diundang melalui KPwLN dan para calon investor dalam negeri yang berasal dari perusahaan dan nasabah prioritas perbankan di Sumatera Utara dengan total peserta yang hadir sebanyak 440 orang yang terdiri dari 216 orang hadir secara luring dan 224 orang hadir secara daring.

Deputi Gubernur Senior Bank Indonesia, Destry Damayanti menekankan komitmen tinggi dari Bank Indonesia untuk bersinergi dalam mendorong pertumbuhan ekonomi Indonesia, termasuk Sumatera Utara. Komitmen tersebut dilakukan melalui penguatan komunikasi dan transparansi untuk menjaga hubungan baik dengan para investor serta mendorong fungsi Investor Relation Unit untuk mengelola persepsi positif para investor ke Indonesia. Apresiasi yang besar diberikan kepada NSI atas terselenggaranya kegiatan NSI Day 2022 yang merupakan bentuk nyata dalam mendorong promosi investasi melalui penyediaan informasi, business matching hingga pendampingan dan fasilitasi untuk meningkatkan kepercayaan investor untuk terus berinvestasi di Sumatera Utara.

Plh. Sekretaris Daerah Provinsi Sumatera Utara, H. Agus Tripriyono menyampaikan dalam sambutannya bahwa Pemerintah Provinsi Sumatera Utara terus mendorong iklim investasi yang kondusif dengan pemberian insentif dan kemudahan berinvestasi, serta ketersediaan proyek investasi yang siap ditawarkan, khususnya di sektor energi hijau. Pemerintah Provinsi Sumatera Utara juga berharap dengan penyelenggaraan NSI Day 2022 dapat terjalin komunikasi lebih lanjut antara para investor dengan proyek investasi strategis yang ditawarkan. Sejalan dengan hal tersebut, Deputi Bidang Promosi Penanaman Modal Kementerian Investasi/BKPM, Nurul Ichwan, juga turut menyampaikan bahwa penyelenggaraan kegiatan NSI Day 2022 merupakan langkah yang tepat sejalan dengan upaya di tingkat nasional untuk menggiatkan kembali aktivitas promosi investasi.

Rangkaian kegiatan NSI Day 2022 meliputi:

  1. Launching Peta Peluang Investasi Sumatera Utara yang terintegrasi dengan WebGIS yang merupakan sistem informasi geospasial berbasis website, sebagai media promosi proyek investasi yang informatif dan mudah diakses.
  2. Penandatanganan MoU dan LoI Investasi di Sumatera Utara yang dilakukan oleh 5 investor domestik dan asing dengan pemilik proyek investasi strategis sebagai bentuk penguatan komitmen berinvestasi di Sumatera Utara.
  3. Diskusi panel dengan topik “Why Investor Should Invest in North Sumatra?” yang diisi oleh Kepala Perwakilan BI Sumut, Kadis DPMPPTSP Sumut, Direksi PT. Unilever Indonesia, dan Direksi PT. Sheel Oil Indonesia dan menyuguhkan diskusi yang lebih interaktif terkait prospek investasi dan faktor-faktor utama yang menjadi pertimbangan para investor untuk berinvestasi di Sumatera Utara.
  4. Testimoni oleh para investor yang memperkuat daya tarik investasi di Sumatera Utara. Testimoni disampaikan oleh Direksi PT. Unilever, PT. Sheel Oil Indonesia dan PT. Dan Shi Indonesia.
  5. Promosi investasi oleh pemilik proyek IPRO (Investment Project Ready to Offer) di Sumatera Utara. Toba Caldera Resort yang merupakan Destinasi Pariwisata Super Prioritas, serta KEK Sei Mangkei dan Kawasan Industri Medan diberikan kesempatan untuk mempromosikan proyek investasi mereka kepada para calon investor.
  6. Booth promosi investasi oleh 9 proyek investasi strategis di Sumatera Utara, sebagai media diskusi dan diseminasi informasi terkait proyek investasi yang ditawarkan.
  7. Telah dilakukan fasilitasi One-on-One Meeting secara luring dan daring, sebagai upaya untuk menghubungkan proyek investasi strategis di Sumatera Utara dengan para calon investor, baik domestik maupun asing. NSI akan terus memonitor dan menindaklanjuti pelaksanaan One-on-One Meeting tersebut.

Mulai Berinvestasi di Sumatera Utara

Ribuan peluang menanti, jelajahi sekarang untuk mempelajari lebih lanjut.


MULAI SEKARANG