Background

THE AWARD CEREMONY OF REGIONAL POTENTIAL PROFILE WRITING COMPETITION OF REGENCIES/CITIES IN NORTH SUMATRA 2020

THE AWARD CEREMONY OF REGIONAL POTENTIAL PROFILE WRITING COMPETITION OF REGENCIES/CITIES IN NORTH SUMATRA 2020


By : Zulfansyah

22 December 2020 11:24 AM


Bank Indonesia bersama dengan OPD Teknis lainnya dalam wadah North Sumatra Invest (NSI) secara resmi mengumumkan para pemenang Lomba Penulisan Profil Potensi Daerah Tingkat Kabupaten/Kota Se-Sumatera Utara Tahun 2020, pada hari ini (17/12) secara virtual. Adapun lomba ini bertujuan untuk meningkatkan awareness Pemerintah Daerah, khususnya tingkat Kabupaten/Kota terkait data dan informasi potensi daerah yang bersifat komprehensif, objektif, reliable, timeliness, dan relevan. Sehingga data yang terkumpul diharapkan dapat menjadi acuan pengambilan keputusan dalam rencana pembangunan daerah kedepannya.


Gambar 1. Tampilan Peserta Penyerahan Hadiah

Berdasarkan hasil keputusan dewan juri ditetapkan Kabupaten Tapanuli Selatan keluar sebagai Juara I yang kemudian diikuti oleh Kota Medan Juara II, dan Kabupaten Labuhanbatu Utara sebagai Juara III. Disusul dengan Kabupaten Nias Selatan dan Kabupaten Tapanuli Utara secara berurut memperoleh predikat Juara Harapan I dan Juara Harapan II. Di samping itu, sebagai apresiasi tambahan terpilih Kota Tebing Tinggi mendapat predikat Karya Terfavorit serta predikat Karya Terlengkap diraih oleh Kota Gunungsitoli. Penyerahan virtual tersebut dibuka dan disampaikan langsung oleh Bpk. Ibrahim selaku Kepala Grup Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Sumatera Utara.


Gambar 2. Kabupaten Tapanuli Selatan sebagai Juara I

Dalam kesempatan tersebut, Bpk. Ibrahim menyampaikan bahwa Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Sumatera Utara memiliki concern yang tinggi terhadap kelengkapan data dan informasi bagi setiap kabupaten/kota di Sumatera Utara, yang melatarbelakangi Lomba Penulisan Profil Daerah dengan tema “Mewujudkan Tersedianya Data dan Informasi Potensi Daerah yang Komprehensif dan Aktual”.

Rangkaian Lomba penulisan profil potensi daerah tersebut telah berjalan dengan baik yang dimulai dengan pengumuman lomba pada 26 Oktober 2020, kemudian dilanjut dengan kegiatan capacity building pada 9 November 2020 dalam bentuk Webinar bertema “Pentingnya Ketersediaan Data dan Informasi bagi Perekonomian” yang ditujukan bagi seluruh kabupaten/kota di Sumatera Utara. Webinar tersebut turut mengundang pakar dari Ikatan Ahli Perencanaan (IAP) Indonesia dan Kepala Bappeda Banyuwangi guna memberi insight dan benchmarking pengembangan potensi daerah secara teknis sesuai dengan best practices dan relevan dengan wilayah Sumatera Utara. Tahap pengumpulan karya dilakukan dari tanggal 3 -  29 November 2020, dan ditutup dengan pengumuman hasil perlombaan pada tanggal 18 Desember 2020. Hingga akhir periode lomba, terdapat 13 kabupaten/kota yang berpartisipasi.

Di penghujung acara, Kantor Perwakilan Bank Indonesia Sumatera Utara yang tergabung dalam North Sumatra Invest (NSI) memberi apresiasi hadiah diantaranya laptop, kamera, hingga TV pintar kepada para pemenang. Lomba tahun 2020 ini merupakan lomba pertama dan masih tahap penjajakan bagi kabupaten/kota untuk berpartisipasi. Sebagai tindak lanjut, lomba sejenis akan kembali diadakan di tahun depan namun dengan beberapa penyesuaian.

Karya peserta dapat dilihat pada link berikut : bit.ly/northsumatrainvest

Start Invest in North Sumatra

Thousands of opportunities await, explore now to learn more.


START NOW